Nasional

Ditetapkan Sebagai Tersangka, Habib Bahar bin Smith Tidak Ditahan

Habib Bahar bin Smith – Habib Bahar bin Smith memenuhi panggilan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri untuk diperiksa dalam kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo.

“Hasil pemeriksaannya, Habib Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka,” ujar pengacara Habib Bahar bin Smith, Aziz Januar.

Baca Juga: Jadi Tersangka, Habib Bahar bin Smith Dijerat Pasal Berlapis

Aziz Januar menuturkan bahwa selama pemeriksaan, kliennya tersebut disodori 24 pertanyaan seputar isi ceramah, latar belakang dan bacaan Habib Bahar dalam menyusun ceramah. Menurut pengacaranya, Habib Bahar bin Smith bersikap kooperatif menjelaskan isi ceramahnya.

Meskipun sudah berstatus sebagai tersangka, namun Habib Bahar bin Smith belum ditahan oleh penyidik. Setelah diperiksa sekitar 11 jam, Habib Bahar meninggalkan Bareskrim Polri.

Baca Juga: Dinilai Kooperatif, Habib Bahar bin Smith Tidak Ditahan

Menurut Aziz Januar, Habib Bahar bin Smith disangkakan melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 A ayat 2 Undang-undang Ri Nomor 19 Tahun 2018 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan Pasal 4 huruf b angka 2 juncto Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan Pasal 207 KUHP dengan ancaman pidana lebih dari 5 tahun penjara.

Habib Bahar bin Smith diperiksa Bareskrim karena ucapannya menyinggung Presiden Jokowi dalam sebuah video yang viral di sosial media. Dalam perkara ini Habib Bahar bin Smith diperiksa dalam dua laporan. Dua laporan itu ada di Bareskrim Polri dan DirektoratReserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Baca Juga: 3 Alasan Penyidik Bareskrim Tidak Menahan Habib Bahar bin Smith

Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: Tempo.co

TvOneNews

Tinggalkan Balasan