Nasional

Bocoran Permenpan RB 6/2014 Mengenai SKB CPNS 2018 Menurut BKN

Permenpan RB 6/2014

Permenpan RB 6/2014 – Proses Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah memasuki tahap pengumuman SKD. Hingga Senin (19/11/2018), baru ada 16 instansi yang sudah mengumumkan hasil SKD CPNS 2018.

Pada ujian SKD CPNS tahun ini, banyak sekali pelamar CPNS 2018 yang tidak lolos passing grade. Banyak diantara pelamar mengeluhkan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang susah, sehingga tidak memenuhi passing grade.

Artikel Rekomendasi:

Nah, bagi teman-teman yang dinyatakan lolos SKD, maka selanjutnya akan memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ujian SKB merupakan ujian lanjutan dari ujian SKD. Jika melihat jadwal dari BKN, ujian ini akan digelar 23-28 November 2018.

Sebelum pelaksaan SKB, BKN membocorkan beberapa kisi-kisi soal yang akan diujian dalam SKB dan berhubungan dengan jabatan yang dilamar.

Bocoran Permenpan RB 6/2014 Mengenai SKB CPNS 2018

Menurut akun Twitter BKN, Sabtu (10/11/2018), terdapat dua jenis jabatan atau formasi dalam perekrutan CPNS 2018, yakni Jabatan Pelaksana (JP) dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT).

Profesi yang termasuk dalam Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) adalah dokter, guru, apoteker, dan lebih dari 200 profesi lainnya.

Setiap jabatan di jenis JFT telah diatur dalam Permenpan RB.

“Contohnya, yakni Permenpan RB 6/2014 tentang JF Pranata Humas & Angka Kreditnya”

Apabila formasi yang dilamar CPNS masuk dalam kategori JFT, maka soal ujian tidak akan berbeda jauh dari Permenpan RB tersebut.

Supaya lebih memudahkan pelamar CPNS, maka teman-teman bisa mencari jabatan apa saja yang termasuk JFT serta materai SKB.

Untuk mengetahui daftar jabatan fungsional, berikut adalah link yang telah kami sediakan.

Sedangkan bagi peserta yang melamar Jabatan Pelaksana (JP), bisa mengecek Permenpan RB 25/2016 mengenai Nomenklatur JP.

Berikut adalah Link Permenpan RB 25/2016.

Beberapa profesi yang termasuk dalam Jabatan Pelaksana (JP) adaalah Analis Kerja Sama, Analis Akuntabilitas Kinerja, dan lain sebagainya.

BKN mengingatkan, untuk Lembaga pusat atau Kementerian, SKB masih dimungkinkan adanya wawancara dan kesamaptaan sesuai pengumuman instansi.

Perlu diperhatikan bahwa kesamaptaan merupakan salah satu seleksi yang hampir sama dengan tes fisik dan kesehatan.

Itulah informasi mengenai Bocoran Permenpan RB 6/2014 pada CPNS 2018. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan